Pilihan Sepeda Listrik Murah Yang Keren dan Tidak Merobek Kantong Anda

Sepeda listrik rupanya menjadi salah satu moda transportasi favorit karena selain cepat juga ramah lingkungan. Tidak perlu membuang banyak uang untuk memiliki sepeda jenis ini karena berikut ini akan kami berikan beberapa rekomendasi sepeda listrik murah yang bisa dimiliki.

Ingin punya sepeda listrik tapi tidak punya cukup uang?

Saat ini mungkin Anda sedang memikirkan tentang alat transportasi ringan yang bisa Anda bawa ke berbagai tempat. Sepeda motor mungkin berguna, tetapi masih terlalu berat dan memakan bensin. Sepeda bisa jadi alternatif. Tetapi jika Anda tidak suka mengayuh setiap hari, sepeda juga bukan alternatif yang tepat.

Bagaimana dengan sepeda listrik? Nah, sepeda listrik sudah pasti menjadi pilihan yang tepat untuk Anda karena tanpa bensin, dapat berjalan tanpa diengkol, dan sesekali jika Anda ketinggalan (atau kehabisan stun), Anda masih bisa mengengkolnya.

Saat ini ada banyak pilihan sepeda listrik yang beredar di pasaran. Harganya pun bervariasi. Mau motor listrik dengan harga budget? Banyak pilihan, BP-Guide akan membantu Anda menemukan pilihan terbaik untuk Anda.

Keuntungan Memiliki Sepeda Listrik Murah

Ramah lingkungan

Salah satu keunggulan utama sepeda listrik adalah ramah lingkungan. Karena dialiri listrik maka sepeda listrik tidak akan mengeluarkan asap seperti layaknya sepeda motor. Jadi, karbon dioksida tidak akan mendidih dari sepeda listrik Anda. Tidak ada juga yang seperti limbah mesin lainnya seperti oli mesin atau yang lainnya. Lingkungan akan lebih segar dan Anda bisa berkendara dengan lebih nyaman dan sehat.

Pilihannya ada dua, bisa mengayuh atau menggunakan listrik

Dengan membawa sepeda listrik, Anda memiliki dua pilihan, yaitu mendongkraknya seperti sepeda biasa, atau menggunakan sepeda motor listrik sebagai penggeraknya. Jika Anda mengendarai sepeda biasa, Anda hanya akan mendapat satu pilihan untuk menggerakkannya, yaitu dengan didorong.

Sepeda listrik menawarkan satu alternatif tambahan yang tersenyum: mengendarai sepeda dengan motor listrik. Sehingga pada saat anda lelah mengendarai motor (atau malas bergerak), anda dapat mengaktifkan motor tersebut. Kemudian sepeda akan mengantarmu dengan nyaman.

Hemat Energi dan Keuangan

Keuntungan lain dari sepeda listrik adalah sangat hemat energi dan finansial. Jika Anda membutuhkan 2 liter bensin (sekitar Rp 20.000) untuk motor bensin Anda menempuh jarak 80 km, maka Anda hanya perlu Rp. 8.000 dengan motor listrik dalam jarak yang sama.

Sebagai gambaran, misalnya, anggaran bensin bulanan Anda mencapai Rp. 600.000, maka Anda hanya perlu Rp. 40.000 bila menggunakan sepeda listrik. Angka 40 ribu ini didapat jika menyetrum sepeda listrik setiap hari. Padahal kenyataannya, jika digunakan hanya di dalam kota, daya bisa bertahan hingga 3 hari atau lebih. Sehingga angka ini masih bisa turun lagi, dan pengeluaran Anda pun akan semakin hemat.

Tidak Kena Pajak

Sepeda listrik masih tergolong sepeda kecil dan tidak termasuk kendaraan bermotor. Apalagi kecepatannya masih tergolong rendah, hanya berkisar 20-30 km per jam, untuk bisa dibilang motor umum. Tak heran jika selama ini sepeda listrik belum dikenakan pajak oleh pemerintah dan tentunya tidak memerlukan STNK dan BPKB.

Tips merawat sepeda listrik yang harus Anda perhatikan

  1. Lama Waktu Pengisian Baterai Hingga 8 Jam

Satu hal yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah waktu mengisi baterai. Untuk teknologi aki sepeda listrik saat ini, waktu pengisian umumnya 4-8 jam sampai penuh. Artinya, bila ingin aman dan nyaman di jalan raya, pastikan sebelum istirahat malam untuk menancapkan kabel charger ke stopkontak rumah Anda.

Lamanya waktu pengisian ini tergantung pada kapasitas baterai. Semakin besar kapasitasnya, semakin lama waktu pengisian. Meski begitu, dengan teknologi charger khusus, Anda bisa memangkas waktu pengisian menjadi cukup singkat.

  1. Beban maksimal hanya 125 kg

Hal kedua yang harus diperhatikan saat membeli sepeda listrik adalah bebannya. Anda tidak bisa lebih membebani dia. Beban maksimum yang bisa ditanggung oleh sepeda listrik sementara ini adalah 125 kg. Oleh karena itu pada umumnya sepeda listrik hanya digunakan sendiri-sendiri, meskipun bersepeda biasanya bersama anak-anak. Pembatasan beban ini dimaksudkan agar motor listrik tidak terlalu terbebani saat menggerakan sepeda, agar komponen sepeda tidak mudah aus dan rusak.

  1. Bengkel Servis Resmi Masih Sulit Ditemukan

Faktor ketiga yang perlu Anda perhatikan saat membeli sepeda listrik adalah perawatannya. Karena sepeda listrik baru dalam tahap pengembangan, hingga saat ini masih sulit menemukan bengkel resmi sepeda listrik. Oleh karena itu, mungkin Anda perlu merawat sepeda listrik Anda dengan baik. Rawat dengan telaten dan rutin, biar selalu prima. Anda bisa membawanya kemana saja tanpa takut rusak di tengah jalan dan bingung karena sulit menemukan bengkel sepeda elektrik yang tepat.

  1. Baterai harus diganti setiap 2 tahun

Satu hal penting terakhir yang penting dan perlu Anda perhatikan saat membeli skuter listrik adalah Anda perlu mengganti baterai secara teratur. Umumnya baterai elektrik memiliki masa pakai sekitar 2 tahun. Setelah periode tersebut, kemampuannya menggerakkan sepeda akan menurun drastis. Bahkan dua tahun untuk baterai dengan kualitas yang sangat bagus.

Setelah masa pakai habis, Anda perlu menggantinya. Harga aki tergantung kualitas dan merknya. Semakin bagus kualitas dan mereknya, semakin mahal harganya. Namun secara umum aki sepeda listrik berkisar Rp. 750.000 – Rp. 1.200.000.

Memang terkesan nominal, tapi angka itu sebenarnya sangat murah dibandingkan jika harus membeli motor bensin. Untuk kisaran harga ini, Anda sebenarnya hanya perlu menghemat sekitar Rp 50.000 per bulan.

Tags: