Sepeda Lipat Terbaik yang Direkomendasikan

Sepeda lipat merupakan sepeda yang dapat dilipat dan disimpan dalam bentuk yang kompak. Banyak produsen sepeda lipat ternama, seperti Polygon, United Bike, dan Dahon menawarkan berbagai model sepeda lipat. Tentunya setiap produk memiliki karakter yang berbeda. Nah, agar tidak salah pilih, kita akan bahas cara memilih sepeda lipat yang tepat. Cek juga rekomendasi produknya dan temukan sepeda lipat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Daripada hanya tinggal di rumah, yuk kita bersepeda untuk tubuh dan jiwa yang lebih sehat! Berikut beberapa tips dalam memilih sepeda lipat. Tentukan pilihan Anda berdasarkan ukuran, berat, desain aksesoris pendukung. Ayo, dengarkan saja!

Pilih berdasarkan ukuran dan spesifikasi

Sepeda lipat sangat menarik karena modelnya yang portabel dan kompak. Di bawah ini adalah poin-poin yang perlu Anda perhatikan.

Periksa bobot sepeda agar lebih portabel

Agar sepeda Anda mudah dibawa saat dilipat, pilih yang memiliki berat sekitar 10 kg. Untuk kamu yang mengutamakan keringanan terutama untuk dibawa-bawa, pilih yang beratnya kurang dari 10 kg. Namun, jika tujuan Anda adalah agar mudah disimpan atau dibawa-bawa dengan mobil, pilih sepeda yang beratnya di bawah 15 kg.

Biasanya, semakin ringan motornya, semakin kokoh rangkanya. Tak heran, harga sepeda juga akan semakin mahal. Harga sepeda bervariasi tergantung ukuran roda dan berat rangka. Namun, jika ingin motor yang beratnya di bawah 10 kg, siapkan budget minimal 5 juta rupiah. Untuk motor dengan berat kurang dari 15 kg, siapkan budget minimal 3 juta rupiah. Dengan mempertimbangkan anggaran, pilih sepeda yang paling ringan di kelasnya.

Periksa juga ukuran sepeda saat dilipat

Sepeda lipat yang bisa dilipat kompak sangat praktis. Untuk fungsi yang optimal, pilihlah ukuran sepeda lipat sesuai keinginan Anda. Contohnya, pasti tidak sedikit dari Anda yang menggunakan sepeda untuk travelling atau jalan-jalan, bukan? Jika demikian, pilih sepeda yang mudah masuk ke bagasi mobil tanpa harus melepas pelana atau setir. WAWASAN TALENTA

Meski sama ukurannya saat digunakan, ukuran sepeda saat dilipat akan berbeda-beda tergantung cara kamu melipatnya. Jadi, periksa baik-baik sebelum membeli, ya!

Semakin sedikit komponen yang dilipat, semakin praktis penggunaannya

Pada dasarnya, Anda tidak memerlukan peralatan tambahan untuk melipat sepeda lipat Anda. Namun, ini akan bervariasi tergantung produknya. Agar lebih aman, periksa cara melipat sepeda pilihan Anda.

Secara umum, Anda dapat melipat roda dan rangka menjadi dua. Namun, ada juga sepeda yang hanya melipat setang dan disimpan dalam posisi berdiri. Selain itu, ada juga sepeda yang setang dan rangkanya bisa dilipat hingga benar-benar kompak.

Perlu Anda ingat, semakin banyak komponen yang dilipat, semakin banyak usaha yang harus Anda lakukan. Jadi, pikirkan juga seberapa sering Anda menggunakan sepeda tersebut dan pilihlah yang paling mudah digunakan.

harga sepeda lipat element ecosmo

Cari sepeda yang nyaman digunakan

Sepeda lipat populer karena kenyamanannya saat berkendara. Simak poin-poin di bawah ini untuk mencari tahu tentang sepeda yang nyaman digunakan!

Sepeda dengan ukuran ban 14-16 inci cocok untuk berkeliling kota. Sepeda lipat umumnya memiliki ban berukuran 12 inci hingga 26 inci. Semakin kecil bannya, semakin ringan saat dikayuh. Namun perlu diingat, ban kecil membuat motor sulit melaju kencang. Sebaliknya, ban besar akan memudahkan sepeda melaju kencang. Meski begitu, usaha yang Anda lakukan untuk mengayuh sepeda lebih besar lagi. Jika Anda bersepeda keliling kota dengan banyak pemberhentian, pilih ukuran ban 14 inci hingga 16 inci. Semakin lebar ukuran ban, semakin stabil motor yang bisa melaju.

Memang, semakin kecil bannya, semakin kompak saat dilipat. Namun ban yang kecil membuat sepeda mudah goyang di medan bergelombang dan sulit untuk diseimbangkan. Jadi, berhati-hatilah dengan ini.

Untuk Anda yang baru pertama kali menggunakan sepeda lipat, pilihlah yang memiliki ban berukuran 16 inci hingga 20 inci. Hal ini juga berlaku bagi Anda yang mengutamakan kemudahan penggunaan. Namun, perlu diingat bahwa semakin besar ban, semakin berat kayuhannya. Tak lupa, ukuran sepeda saat dilipat juga akan semakin membesar.

Mengebut lebih nyaman dengan rasio gigi tinggi

Jika Anda ingin sepeda lipat yang bannya kecil tapi bisa melaju kencang, pilihlah sepeda lipat dengan rasio gigi yang tinggi. Mengebut lebih nyaman dengan rasio gigi tinggi

Jika Anda ingin sepeda lipat yang bannya kecil tapi bisa melaju kencang, pilihlah sepeda lipat dengan rasio gigi yang tinggi. Rasio gigi menunjukkan berapa kali roda belakang berputar saat pedal dikayuh satu kali. Semakin tinggi rasio roda gigi, semakin jauh jangkauan roda belakang. Jadi, dengan rasio gigi yang tinggi, Anda bisa lebih mudah melaju.

Rasio roda gigi merupakan perbandingan jumlah gigi roda depan dengan jumlah gigi roda belakang. Rasio roda gigi untuk sepeda wanita biasanya 2,28. Namun, jika ingin berlari lebih mulus, pilih rasio roda gigi sekitar 4,2. Jika sepeda Anda memiliki rasio gigi yang rendah, pilih sepeda yang memiliki perpindahan gigi pada sepeda.

Cek juga aksesoris pendukungnya

Beberapa sepeda lipat tidak dilengkapi dengan keranjang depan, lampu depan, standar, dan pelindung lumpur. Hal ini biasanya bertujuan agar sepeda mudah dilipat dan tidak terlalu berat. Model sepeda yang berbeda memiliki aksesoris pendukung yang berbeda pula. Jadi, pilihlah sepeda dengan kelengkapan aksesoris yang Anda butuhkan. Hal ini terutama berlaku untuk jenis sepeda nonstandar yang tidak bisa bersandar sendiri. Sangat merepotkan jika harus mencari sandaran saat ingin parkir. Oleh karena itu, periksa aksesoris pendukung yang dapat dipasang.

Lebih aman dengan label SNI

Jika ingin lebih aman, pastikan sepeda pilihan Anda memiliki label SNI di atasnya. Label ini menunjukkan bahwa sepeda telah lolos uji tuntas dan oleh karena itu aman digunakan. Tidak seperti sepeda biasa, sepeda lipat memungkinkan Anda melipat sepeda. Alhasil, rangka sepeda harus kokoh. Namun tak bisa dipungkiri juga ada juga motor yang dijual dengan harga sangat murah dengan rangka yang tidak begitu kuat. Sebaiknya hindari produk seperti ini karena tidak cukup aman untuk digunakan.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi toko sepeda, segera coba sepeda dan periksa apakah bingkainya bergoyang atau tidak.

Tags: